14 Juli 2009

Karisma 125D susah pindah gigi


KLIK - DetailSaya punya masalah seputar Honda Karisma 125D keluaran 2003.

1. Kenapa rem belakang Karisma cepat sekali habis. Dan untuk rem depan, kalau direm selalu ada bunyi 'bletak' di seputar sokbreker?
2. Kenapa kecepatan jadi berkurang? Padahal dulu dalam keadaan standar motor bisa lari 120 km/jam. Tapi sekarang untuk mencapai 100 km/jam saja susah.
3. Saat pindah ke gigi 3 sepertinya kurang pas masuk. Sehingga suara motor jadi menggerung dan ada bunyi 'krak'. Apa sebabnya?
4. Apa yang mesti diubah supaya motor bisa lari cepat tapi tetap bisa dipakai harian?

ASRORI, Komp. Permata Hijau C/13, Rancaekek, Bandung 40394. Aas Asrori rorias_74@yahoo.com.

1. Ada dua kemungkinan kampas rem belakang cepat habis. Pertama, bisa dari kualitas kampas yang bukan orisinal sehingga mudah terkikis saat dipakai. Kedua, umumnya kebiasaan pengendara yang tanpa sadar injak tuas rem belakang saat motor melaju. Kemungkinan kedua itu tanpa disadari bikin kampas rem cepat habis. Lain lagi kalau rem depan suka bunyi 'bletak'. Penyebabnya bisa dari braket kaliper dan as pegangan kaliper serta kampas yang kendur. Atau bisa juga dari mur pengikat as komstir terlalu kendur. Coba deh diperiksa baik-baik.
2. Wah, kalau begini susah diungkapnya. Sebab sobat tidak menjelaskan apakah sudah ada komponen yang dimodifikasi. Tapi kalau motor masih standar, kemungkinan setelan klep sudah kendur. Atau karbu dan busa filter belum diservis, kampas kopling sudah tipis atau paling parah TSS (Throttle Swicth System) dicabut, sehingga bikin suplai bensin jadi boros.
3. Sudah nggak salah lagi, kalau pegas batang pengungkit drum pemindah gigi terlalu renggang. Sehingga tuas itu tidak maksimal menggeser drum pemindah walau tuas persneling sudah ditekan. Ini penyakit lama Karisma. Makanya mekanik AHHAS menyarankan untuk merapatkan kembali pegas itu agar bekerja maksimal.
4. Gampang. Kondisikan lagi motor seperti standar kalau ingin tenaga bertambah. Dan jangan lupa lakukan servis berkala.




Koresponden
Fotografer : Heri Riswanto

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal