07 Januari 2012

Mual pada saat Kehamilan



Kehamilan merupakan sebuah siklus yang dialami oleh wanita. Saat kehamilan, gejala yang dapat dikatakan cukup mengganggu terkadang dialami di antaranya mual (morning sickness) pada saat hamil muda (1 sampai dengan 2 bulan). Menurut dunia kedokteran modern, penyebab mual adalah akibat peningkatan kadar hormon Progesteron dan HCG (human chorionic gonadotrophine) dalam serum darah ibu. yang dapat menyebabkan morning sickness. Peningkatan Hormon Progesteron memengaruhi sistem pencernaan ibu hamil. Hormon ini memperlambat semua fungsi metabolisme termasuk sistem pencernaan. Akibatnya, proses mencerna makanan membutuhkan waktu lebih lama yang pada ujungnya memicu rasa mual. (oketips)

Apabila berkepanjangan, patut dicurigai adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat dikatakan cukup berbahaya karena apabila tidak dilakukan perawatan secara intensif dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mual-muntah hingga usia kandungan 20 minggu. Salah satu tandanya adalah apapun yang dikonsumsi akan dimuntahkan kembali. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas ibu hamil sehari-hari.

Cara Mengatasi
Pertama, jangan makan sekaligus dalam porsi yang besar, tapi cobalah untuk makan sedikit-sedikit dalam porsi kecil namun sering. Hal ini untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah. Makanlah banyak makanan yang tinggi karbohidrat, dan tinggi protein. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur sebagai pelengkap gizi seimbang.
Kedua, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6 untuk mengurangi mual yang berlebihan. Hindari makanan yang berbau tajam, rokok, dan bau yang menyengat lainnya. Hindari bergerak dengan gerakan refleks dan cepat. Bergeraklah perlahan-lahan, terutama saat bangun pagi.(uraeka)
Ketiga, mengkonsumsi pereda mual tradisional seperti jahe, kencur, pala sesuai selera anda, misalnya dibuat minuman ataupun langsung dikunyah. Ada juga jenis perede mual tradisional lainnya yaitu daun dadap  (4 lmbar) dan daun asam yang masih muda (2 lembar). Cara menggunakannya: Rebuslah bahan-bahan diatas dengan air yang diperlukan sampai mendidih. Biarkan saja sampai airnya tinggal kira-kira 1 gelas saja. Setelah itu angkat dan dinginkan. Minumlah ramuan ini kepada ibu yang menderita tersebut setiap hari 3 ka!i, dengan dosis sekali minum sebanyak 1/4 geias. (obatkuno)


1 komentar:

xenadiana mengatakan...

dfve efe ef fef

Posting Komentar

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal